ISUE STRATEGIS GLOBAL

 

TRANFORMASI EKONOMI BERBASIS DIGITAL

Tranformasi Ekonomi Berbasis Digital  dilakukan untuk:

a.     Penciptaan nilai Ekonomi digital untuk pemulihan ekonomi

b.     Adopsi tehnologi terutama UMKM

c.     Pengembangan ketrampilan dan Literasi Digital

d.     Serta digitalisasi sektor yang berkontribusi menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru.

                    Pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung telah menyebabkan perlambatan pertumbuhan ekonomi di hampir semua sektor ekonomi di beberapa belahan dunia, termasuk Indonesia,, terutama yang bergantung pada mobilitas barang dan jasa seperti transportasi, industri dan lain-lain.

Indikator perekonomian menurun akibat pandemi Covid-19 awalnya terlihat tahun 2020, ketika pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini sangat kontras dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia selama lima tahun terakhir yang rata-rata sekitar 5 persen per tahun. Namun, akibat pandemi Covid-19, seluruh perekonomian global, termasuk Indonesia, mengalami kontraksi yang cukup dalam.

Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 telah mengurangi pergerakan orang dan operasional barang dan jasa. Konsumsi, investasi, transportasi, pariwisata, produksi dan kepercayaan pengusaha menurun secara signifikan, yang pada gilirannya memperlambat pertumbuhan ekonomi secara dramatis. Melemahnya perekonomian nasional akibat dampak pandemi Covid-19 memerlukan perhatian kita bersama untuk mengatasinya, karena jika tidak segera diatasi akan membahayakan stabilitas ekonomi dan stabilitas sistem keuangan serta upaya untuk mencegahnya. mempercepat pembangunan menjadi negara maju.

  Pandemi Covid-19 telah mengubah gaya hidup dengan meningkatnya penggunaan ekonomi digital. Oleh karena itu, upaya peningkatan transformasi ekonomi digital dapat dijadikan sebagai salah satu strategi untuk memastikan sektor-sektor ekonomi yang produktif bergerak untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif serta dapat dijadikan sebagai dorong percepatan transformasi digital, karena pada pandemi berikutnya, secara struktural mengubah cara bekerja, beraktivitas, berbelanja, berbisnis yang sebelumnya offline melalui kontak fisik menjadi lebih online dan digital.


Pengembangan digitalisasi UKM harus dibarengi dengan strategi yang tepat, strategi proaktif yang bertujuan untuk mengangkat bola dengan memberikan pendampingan, kurasi produk, SDM dan pembiayaan untuk mempercepat akses UKM ke jaringan elektronik dan bisnis.

Kita tentu berharap target pertumbuhan ekonomi digital yang ditetapkan pemerintah, yang meningkat delapan kali lipat pada 2030, dapat menjadi langkah strategis dan mendapat dukungan komprehensif dari semua kelompok kepentingan, sehingga kontribusinya terhadap PDB meningkat. berharap dengan akselerasi transformasi digitalisasi akan dapat mengoptimalkan peran UMKM sebagai tulang punggung ekonomi ditengah kondisi pandemi Covid 19 dengan terus mengarahkan peningkatan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif, melalui adaptasi perubahan digital.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KLINIK PRATAMA POLTEKKES KEMENKES SEMARANG